News Update :
Home » » tips membicarakan seks dengan anak remaja

tips membicarakan seks dengan anak remaja

Penulis : modis on Minggu, 20 Januari 2013 | 23.35

Berbicara tentang Seks kepada anak Anda tentu merupakan hal yang tabu untuk sebagian besar orang. Jangan khawatir, sekarang Anda akan tahu tips-tipsnya.

Berikut sebagaimana dikutip dari lifeguide adalah 8 pertanyaan yang paling sering ditanyakan orang tua tentang anak remaja mereka :

Tanpa terdengar seperti mengkuliahi dan mendukung aktivitas Seksual, bagaimana membahas masalah kencan yang sehat dan keintiman dengan anak?
Anak-anak selalu diberitahu oleh orang tua mereka bagaimana “zaman sudah berbeda” dan “kami lebih harus dihormati.” Faktanya adalah bahwa budaya kita telah memiliki pendekatan yang sangat tidak sehat dan membingungkan untuk kencan, keintiman, dan seksualitas untuk waktu yang sangat lama – tidak ada yang berbeda hari ini. Setelah orang tua mengakui perasaan kebingungan mereka tentang hari muda yang menakutkan yang pernah mereka hadapi, para remaja lebih cenderung untuk berhubungan dengan orang tua mereka. Berbagi momen sulit dan menakutkan juga membantu anak-anak Anda melihat bahaya dan konsekuensi dari membuat keputusan yang buruk – dengan pemikiran mereka yang realistis.

Daripada mengatakan “Bagaimana waktu sudah berbeda ketika Anda masih muda dulu”, lebih baik Anda menemukan persamaan dari Anda dan dia. Ketika Anda memberitahu seseorang betapa berbedanya itu ketika Anda masih muda, mengapa Anda berpikir bahwa anak Anda akan dan harus mengerti itu? Terhubung dengan putra atau putri Anda dengan membuka percakapan dengan pertanyaan yang menunjukkan bahwa Anda memahami kekhawatiran, konsentrasi, dan pikiran mereka.

Sebagai contoh, orang tua berkata, “Saya ingat sewaktu saya gugup sebelum kencan karena saya bertanya-tanya tentang banyak hal seperti : apakah teman kencan saya akan menyukai saya? Apakah saya akan terlihat menarik untuknya? Saya penasaran bagaimana kencan saya malam itu akan berjalan. Apakah kamu pernah merasa gugup seperti itu?” Pertanyaan seperti ini akan membuat orang tua lebih didekati oleh anak-anak mereka. Tidak peduli berapapun usia Anda, perasaan sulit seperti ini pasti terjadi di semua generasi. Kunci kesuksesan adalah meminta dengan nada tulus dan penuh perhatian.

Apa perilaku kencan dan praktek yang benar yang dapat orang tua ajarkan?
Menghormati diri sendiri, menghormati pasangan Anda dan standar yang tinggi perlu diajarkan kepada Pria dan Wanita setiap saat. Ketika seseorang percaya dengan dirinya sendiri, orang lebih cenderung membuat keputusan yang benar di saat-saat yang sulit. Siswa dengan harga diri yang rendah lebih mungkin untuk menurunkan standar mereka untuk menyenangi pasangan mereka – sebuah praktek yang sangat tidak sehat dan berbahaya.

Kita perlu mengajarkan kepada mereka, para remaja, agar mereka mempunyai “harapan untuk dihormati” dan tidak mentolerir setiap bentuk hormat (teman kencan harus bertanya kepada Anda sebelum mereka mencoba “melakukan sesuatu”). Kita perlu mengajarkan bagaimana berbicara dengan penuh percaya diri agar kelihatan kuat dan seksi di depan teman kencan mereka (banyak yang takut berbicara karena beranggapan bahwa teman kencan mereka akan menganggap mereka bawel). Kita perlu mengajarkan mereka untuk lebih memahami apa yang dimaksud dengan “menghormati kencan”. Menghormati tidak berarti hanya membuka pintu, membayar makanan, atau membelikan hadiah. Menghormati juga berarti menjaga harga diri teman kencan Anda di titik tertinggi dan selalu dapatkan izin dari teman kencan Anda sebelum mencoba untuk “melakukan sesuatu”.

Salah satu kesalahan yang paling sering orang tua lakukan adalah memberikan asumsi bahwa Pria adalah makhluk agresif yang penuh dengan gairah seksual. Lagi-lagi, kita juga mendengar tentang Wanita yang lebih tegas dalam hubungan seksual. Cobalah untuk menghindari semua asumsi yang berkaitan dengan peranan gender.

Pada umur berapa anak-anak saya mulai belajar tentang keintiman?
Dengan mengamati orang tua mereka, anak-anak belajar keintiman pada usia yang sangat muda. Jika seorang pemuda melihat ayahnya meminta ibunya untuk ciuman, dia lebih cenderung percaya bahwa meminta adalah bagaimana ia harus bertindak. Jika seorang Wanita muda mendengar ibunya berbicara tentang bagaimana menghormati dan mencintai ayahnya, Wanita muda lebih cenderung meninginkan pasangan yang menghormatinya dan penuh kasih.

Orang tua harus mulai mendiskusikan secara tepat tentang usia dini dan kemudian maju pada masalah keintiman seperti naik kelas di dalam sekolah. Karena gambar dan televisi dan media industri lainnya mempromosikan ke khalayak yang lebih muda, orang tua perlu memiliki percapakan ini pada usia yang jauh lebih muda (bagi banyak orang, sebelum usia 10 adalah waktu yang tepat – anak-anak melihat atau mendengar tentang perilaku yang jauh lebih eksplisit pada usia ini). Bahkan, jika Anda tidak membiarkan anak-anak Anda menonton program tersebut, mereka akan mendengar tentang acara-acara ini dari teman-teman mereka.

Tidak ada usia ajaib untuk percakapan ini berlangsung. Setiap orang tua harus memutuskan apa yang tepat untuk anaknya. Namun, hari anak Anda lahir adalah hari dimana anak Anda mulai menonton Anda. Buatlah upaya sadar untuk menampilkan rasa hormat dalam semua aspek keintiman dan seksualitas dengan meminta sebelum mencium orang. Ketika anak-anak Anda menonton Anda, apa yang akan mereka pelajari?

Share this article :

Posting Komentar

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Gaya Remaja . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger