News Update :
Home » » Cara Memilih Dan Berbusana Muslim Yang Baik

Cara Memilih Dan Berbusana Muslim Yang Baik

Penulis : modis on Minggu, 27 Januari 2013 | 20.53

Sebagai mahluk hidup yang paling sempurna penciptaannya, manusia ingin selalu berusaha menunjukkan kesempurnaannya kepada manusia yang lain dalam segala situasi dan kondisi. Apapun akan dilakukannya demi mewujudkan kesempurnaan itu, meski demikian tidak bisa dipungkiri bahwa sesempurna-sempurnanya usaha manusia pasti masih terdapat kekurangannya juga, karena setiap manusia diciptakan tidak hanya memiliki kelebihan saja tetapi banyak memiliki kekurangan..
Salah satu yang menjadi usaha manusia untuk terlihat sempurna adalah cara berbusana mereka. Dalam hal ini, Islam juga memperhatikannya lo,,, yuk kita simak ayat 26 surat Al-A’raaf, yaitu:
Hai anak Adam*, Sesungguhnya kami Telah menurunkan kepadamu Pakaian untuk menutup auratmu dan Pakaian indah untuk perhiasan. dan Pakaian takwa** Itulah yang paling baik. yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, Mudah-mudahan mereka selalu ingat.
*   maksudnya ialah: umat manusia
** maksudnya ialah: selalu bertakwa kepada Allah.
Subhanallah,,, lagi-lagi kita ditunjukkan betapa Allah sangat menyayangi kita. Bahkan sampai dalam memilih dan cara berbusana yang baik pun Allah juga menurunkan firman-Nya. Nah sista, dari ayat diatas dapat diambil kesimpulan bahwa, Allah menitipkan rizki kepada kita salah satunya adalah agar kita bisa untuk membeli pakaian yang pantas kita pakai, bukan untuk bermegah-megah dan bersombong ria dengan pakaian dan perhiasan kita, tetapi untuk menutupi aurat kita. (baca: Manfaat Menutup Aurat)
Karena sesungguhnya pakaian yang paling baik dihadapan Allah adalah pakaian ketaqwaan.
Nah,, buat sista-sista hafiza yang cantiik,, Hafiza punya beberapa tips cara memilih dan berbusana muslim yang baik :
Yang pastinya pilihlah busana yang bisa menutup aurat kita, jangan sampai kita memakai baju tapi telanjang ya… Maksudnya, kita memakai baju yang tidak terlalu memperlihatkan lekuk tubuh kita. karena selain akan membahayakan diri kita, juga akan menimbulkan banyak fitnah..
  1. Usahakan ketika membeli baju sesuai dengan ukuran tubuh kita, jangan terlalu kecil dan jangan kedodoran, so beli pakaian yang lebih longgar namun tetap elegan, agar kita merasa nyaman.
  2. Usahakan untuk membeli busana yang memang benar-benar sedang kita butuhkan, hal ini agar bisa menghemat pengeluaran sista. Biasanya kaum hawa itu, ketika berbelanja di mall sering tertarik dengan sesuatu yang pertama ia lihat. Misalnya sebenarnya dia berencana mau membeli satu baju dan kerudung, ditengah jalan melihat obral sepatu atau kaos, lupa deh ma tujuannya,,, hehe,,, tapi ya gak semuanya seperti itu sih.
  3. Sesuaikan dan selaraskan busana yang kita pakai, karena berbusana itu mencerminkan diri seseorang. Hal ini bukan berarti keselarasan itu harus dengan biaya yang mahal, akan tetapi bagaimana cara kita untuk tetap berpenampilan rapi dalam berbagai situasi. Pakaian lama tidak menjadi masalah asalakan kita rajin merawatnya, pasti akan terlihat baru.
  4. Pilih model dan bahan yang sesuai dengan aktivitas sista, jika banyak beraktivitas pilihlah bahan yang menyerap keringat dan tak mudah kusut, yang terdiri dari atasan dan celana panjang. sedangkan untuk aktivitas yang lebih banyak diam sista akan lebih anggun dengan memakai rok.
  5. Pilih busana yang dapat menyamarkan kekurangan tubuh sista, agar kita bisa tampil dengan penuh percaya diri. Misalnya dari segi bahan, orang yang berbadan kurus sebaiknya menggunakan pakaian yang terkesan bertumpuk, dan orang berbadan besar gunakanlah bahan yang terkesan ringan. Dari segi warna, bagi yang berbadan besar warna gelap akan tampak lebih mengesankan.
  6. Pilihlah penutup kepala atau jilbab yang tetap menutup leher, hal ini sesuai dengan manfaat dari jilbab itu sendiri yakni untuk menutup aurat kita. Meski pun kadang kita bingung bagaimana berkreasi dalam berjilbab, akan tetapi sista tidak perlu khawatir lagi karena sekarang banyak informasi yang menjelaskan tentang cara berkreasi dengan jilbab yang mengikuti mode namun tetap mengikuti aturan agama.
Share this article :

Posting Komentar

 
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. Gaya Remaja . All Rights Reserved.
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by Blogger