KIAT-KIAT MEMBUAT SURAT LAMARAN PEKERJAAN
Untuk
memenuhi kebutuhan manusia baik secara material maupun immaterial,
manusia perlu untuk beraktivitas, misalnya bekerja. Dengan bekerja
sesuai dengan potensi dan minat yang dimiliki, manusia dapat mencapai
kepuasan lahir dan batin. Dewasa ini lapangan pekerjaan sangatlah
bermacam-macam dan setiap bidang pekerjaan memerlukan keahlian atau
keterampilan tertentu. Tidak sedikit orang yang gagal memasuki bidang
pekerjaan tertentu karena beberapa hal yang tidak terpikirkan dan
bahkan karena kurangnya potensi berupa kecakapan maupun cara untukdapat
memasukinya.
Dewasa ini, perubahan dunia berjalan dengan
cepatnya. Tentu peserta didik juga akan mengikuti perubahan yang terjadi
dalam masyarakat. Perubahan yang cepat adalah pada bidang ilmu
pengetahuan dan teknologi. Sehingga hal ini akan mempengaruhi gaya
hidup, pola perilaku dan pola hubungan antar individu (Suyanto;2007).
Seiring dengan perubahan yang ada dalam hal informasi, maka dalam
pembuatan surat lamaran pekerjaanpun dapat melewati dunia nyata dan
dunia maya atau yang biasa dikenal dengan internet.
Pada makalah
ini akan dipaparkan beberapa kiat dalam membuat surat lamaran pekerjaan
baik dengan tertulis langsung maupun dengan menggunakan internet. Tentu
saja kiat-kiat ini bertujuan agar pelamar pekerjaan dapat memasuki
lapangan kerja sesuai dengan potensi yang ada pada dirinya.
A. Tips Menulis Surat Lamaran
Banyak
perusahaan yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai
bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran. Karena itu penting
sekali bagi calon tenaga kerja untuk menuliskan surat lamaran yang baik.
Berbagai tips di bawah akan membantu dalam proses melamar pekerjaan.
1. Kesan Individual
Jika berencana mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pastikan
sudah menuliskan nama perusahaan yang benar pada surat lamaran. Selain
itu perlu juga dibuat surat lamaran yang ditujukan pada seseorang.
Gunakan nama dan jabatan yang spesifik jika mungkin. Secara khusus,
untuk surat yang ditujukan pada seorang perempuan, jika Anda tidak
mengetahui status pernikahannya, gunakan awalan Ms. Contoh: Ms.
Suryanegara. Perlu diingat: Di Internet dan di MS Word tersedia banyak
template atau contoh surat lamaran akan lebih baik jika tidak
mengkopinya saja. Tetapi perlu diubah sesuai dengan keinginan dan tujuan
kita masing-masing.
2. Singkat dan Padat
Lebih baik surat
lamaran kerja yang kita buat tidak bertele-tele. Tuliskan surat dengan
singkat dan padat. Gunakan bahasa yang mudah untuk dipahami. Gunakan
kata-kata yang biasa digunakan. Tidak perlu berusaha untuk mengesankan
pembaca dengan menggunakan kata-kata yang sulit untuk dimengerti .
Perlu
untuk diingat untuk menulis surat lamaran tidak lebih dari satu
halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan bahkan ratusan surat
lamaran. Surat lamaran yang terlalu panjang tidak efektif. Maka dari itu
surat lamaran pekerjaan hendaknya tidak melebihi satu halaman.
3. Rapi dan Bersih
Sedapat-dapatnya gunakan program komputer untuk menuliskan surat
lamaran. Dengan begitu Anda dapat menuliskan surat lamaran yang rapi dan
bersih sehingga mudah dibaca. Perlu untuk diingat, hindari menulis
surat lamaran dengan tulisan tangan. Hindari menggunakan tip-ex atau
sejenisnya dalam surat lamaran agar surat lamaran yang dibuat tetap
terjaga kerapiannya dan juga kebersihannya.
4. Isi
Dalam surat
lamaran, ada beberapa hal yang perlu dituliskan. Pembukaan, Sebutkan
dimana mendapatkan informasi tentang lowongan kerja.Contohnya, bisa
disebutkan bahwa lowongan kerja diketahui dari iklan di surat kabar,
iklan di Internet, atau dari seorang teman. Pekerjaan sekarang,
Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan saat ini. Selain
itu juga perlu menceritakan secara singkat pencapaian utama dalam
pekerjaan tersebut. Agar memberikan gambaran yang lebih baik, berikan
informasi secara kuantitatif. Misalnya, "Saya membawahi lima orang
junior manager". Yang perlu diperhatikan di sini, tuliskan hanya hal-hal
yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Baca dengan baik
persyaratan yang dibutuhkan dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut.
Jika pekerjaan yang dilamar adalah di bidang marketing research, mungkin
tidak perlu menceritakan pencapaian Anda di bidang logistik.
Dalam
hal pendidikan: Jika latar belakang pendidikan perlu diinformasikan,
perlu dituliskan secara singkat pendidikan tertinggi. Jika pernah
mendapatkan pendidikan di sekolah yang cukup dikenal, ada baiknya
menuliskannya di surat lamaran. Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa
pelamar mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.
Ada baiknya jika dinyatakan kapan saat terbaik bisa dihubungi untuk
proses selanjutnya. Dan jangan lupa ucapkan "Terima kasih".
5. Proof Read
Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan dan memastikan
semuanya sudah benar. Pastikan tidak ada kesalahan pengejaan, tidak ada
kata-kata yang diulang atau repetitif, dan tata bahasa (grammar) yang
digunakan sesuai. Dalam program MS Word Anda bisa menggunakan spell dan
grammar checker. Perlu untuk diingat, Suatu kesalahan dalam ejaan saja
bisa menyebabkan kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh
pekerjaan.
(Job career Vacancy opportunity ; www.google.com).
B. Menulis Surat Lamaran Lewat Email
Makin
banyak perusahaan yang memperbolehkan para calon karyawan untuk
mengirimkan lamarannya lewat email. Hal ini tentunya menguntungkan baik
bagi perusahaan maupun pelamar. Bagi perusahaan, ini akan mengurangi
jumlah surat lamaran dalam bentuk kertas yang harus mereka terima dan
arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk mem-forward
surat lamaran berbentuk email ke para usernya. Bagi calon karyawan, ini
akan menolong mereka untuk mengirimkan lamaran secara cepat. Jika Anda
mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, dengan mudah Anda dapat
mengkopi email lamaran Anda sebelumnya dan menyesuaikannya.
1. Judul Email
Judul email haruslah menolong penerimanya untuk segera mengetahui
maksud dari email lamaran pekerjaan. Karena itu tuliskan judul yang
jelas tetapi singkat. Sebagai contoh, dapat ditulis sebagai berikut
"Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran".
Sebagai catatan, baca
dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali mereka meminta
dituliskan kode tertentu di judul atau subject email Anda. Terutama
jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan
pekerjaan.
2. Tempat Surat Lamaran Ditulis
Sering kali
pelamar kerja bingung apakah perlu menuliskannya di badan email atau di
file tersendiri. Menurut salah seorang yang bekerja di bidang
recruiting sebuah perusahaan multinational, pelamar dapat menuliskan
surat lamaran (cover letter) di badan email. Artinya, perusahaan tetap
akan menerima surat lamaran yang dikirim dengan baik.
3. Penulisan Resume
Lebih baik jika tidak menuliskan resume di badan email. Tuliskan dalam
file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran email Anda. Sehingga email
lamaran pekerjaan tidak bercampur dengan file lain yang sifatnya
lampiran. Hal ini untuk menjaga kerapian dan ketertataan email lamaran
pekerjaan yang dikirimkan.
4. Word, PDF, atau Text
Biasanya
perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerja jenis file yang
bisa Anda kirim. Walaupun umumnya meminta file MS Word, terkadang
mereka mengijinkan untuk dikirimkan file berformat pdf. Jika tidak
disebutkan, kirimkan resume lamaran dalam file MS Word (.doc). File
text (ekstension .txt) lebih baik tidak digunakan karena pada saat
dikirim dengan email, file tersebut terkadang muncul di badan email.
Ini terutama jika Anda menggunakan email gratis di Web, seperti Yahoo!,
Gmail, atau Hotmail.
5. Ukuran Email
Usahakan ukuran email
tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini terutama dipengaruhi oleh
ukuran file yang di-attach. Karena itu periksa besar file yang
dilampirkan. Jika diminta menyertakan foto, jangan masukkan file foto
yang terlalu besar. Perkecil ukuranya dengan menggunakan berbagai jenis
program photo editor. Sehingga akan mengurangi ukuran file yang akan
dikirimkan.
6. Email Signature
Email signature adalah text
yang dituliskan secara otomatis oleh provider email Anda. Signature ini
bisa diprogram sendiri, atau bagian dari iklan untuk penyedia jasa
email tersebut. Adanya signature ini mengurangi kesan profesional pada
lamaran. Email web gratis seperti Yahoo! dan Hotmail menambahkan
signature ini secara otomatis pada semua email yang dikirim. Sedangkan
Gmail tidak.
7. Test Kirim
Untuk surat lamaran yang dikirim
lewat email, selain melakukan proof read, juga perlu melakukan test
pengiriman. Lakukan ini dengan mengirimkan email lamaran, lengkap
dengan attachment-nya ke email lain. Tentunya jangan kirimkan email
percobaan tersebut ke email perusahaan yang dituju. Kirim ke alamat
email lain yang dimiliki oleh calon pelamar. Jika hanya mempunyai satu
alamat email, bisa dibuat alamat email baru di Yahoo!, Gmail, atau
Hotmail.
Home »
» kiat kiat membuat surat lamaran pekerjaan
kiat kiat membuat surat lamaran pekerjaan
Penulis : modis on Senin, 21 Januari 2013 | 02.09
Related posts:
If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Posting Komentar