KIAT-KIAT MEMBUAT SURAT LAMARAN PEKERJAAN
Untuk
 memenuhi kebutuhan manusia baik secara material maupun immaterial, 
manusia perlu untuk beraktivitas, misalnya bekerja. Dengan bekerja 
sesuai dengan potensi dan minat yang dimiliki, manusia dapat mencapai 
kepuasan lahir dan batin. Dewasa ini lapangan pekerjaan sangatlah 
bermacam-macam dan setiap bidang pekerjaan memerlukan keahlian atau 
keterampilan tertentu. Tidak sedikit orang yang gagal memasuki bidang 
pekerjaan tertentu  karena beberapa hal yang tidak terpikirkan dan 
bahkan karena kurangnya potensi berupa kecakapan maupun cara untukdapat 
 memasukinya.
Dewasa ini, perubahan dunia berjalan dengan 
cepatnya. Tentu peserta didik juga akan mengikuti perubahan yang terjadi
 dalam masyarakat. Perubahan yang cepat adalah pada bidang ilmu 
pengetahuan dan teknologi. Sehingga hal ini akan mempengaruhi gaya 
hidup, pola perilaku dan pola hubungan antar individu (Suyanto;2007). 
Seiring dengan perubahan yang ada dalam hal informasi, maka dalam 
pembuatan surat lamaran pekerjaanpun dapat melewati dunia nyata dan 
dunia maya atau yang biasa dikenal dengan internet.
Pada makalah 
ini akan dipaparkan beberapa kiat dalam membuat surat lamaran pekerjaan 
baik dengan tertulis langsung maupun dengan menggunakan internet. Tentu 
saja kiat-kiat ini bertujuan agar pelamar pekerjaan dapat memasuki 
lapangan kerja sesuai dengan potensi yang ada pada dirinya. 
A. Tips Menulis Surat Lamaran 
Banyak
 perusahaan yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai 
bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran. Karena itu penting 
sekali bagi calon tenaga kerja untuk menuliskan surat lamaran yang baik.
 Berbagai tips di bawah akan membantu dalam proses melamar pekerjaan.
1. Kesan Individual
  Jika berencana mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pastikan 
sudah menuliskan nama perusahaan yang benar pada surat lamaran. Selain 
itu perlu juga dibuat surat lamaran yang ditujukan pada seseorang. 
Gunakan nama dan jabatan yang spesifik jika mungkin. Secara khusus, 
untuk surat yang ditujukan pada seorang perempuan, jika Anda tidak 
mengetahui status pernikahannya, gunakan awalan Ms. Contoh: Ms. 
Suryanegara. Perlu diingat: Di Internet dan di MS Word tersedia banyak 
template atau contoh surat lamaran akan lebih baik jika tidak 
mengkopinya saja. Tetapi perlu diubah sesuai dengan keinginan dan tujuan
 kita masing-masing.
2. Singkat dan Padat
  Lebih baik surat 
lamaran kerja yang kita buat tidak bertele-tele. Tuliskan surat dengan 
singkat dan padat. Gunakan bahasa yang mudah untuk dipahami. Gunakan 
kata-kata yang biasa digunakan. Tidak perlu berusaha untuk mengesankan 
pembaca dengan menggunakan kata-kata yang sulit untuk dimengerti .
Perlu
 untuk diingat untuk menulis surat lamaran tidak lebih dari satu 
halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan bahkan ratusan surat 
lamaran. Surat lamaran yang terlalu panjang tidak efektif. Maka dari itu
 surat lamaran pekerjaan hendaknya tidak melebihi satu halaman.
3. Rapi dan Bersih
 Sedapat-dapatnya gunakan program komputer untuk menuliskan surat 
lamaran. Dengan begitu Anda dapat menuliskan surat lamaran yang rapi dan
 bersih sehingga mudah dibaca. Perlu untuk diingat, hindari menulis 
surat lamaran dengan tulisan tangan. Hindari menggunakan tip-ex atau 
sejenisnya dalam surat lamaran agar surat lamaran yang dibuat tetap 
terjaga kerapiannya dan juga kebersihannya.
4. Isi
Dalam surat
 lamaran, ada beberapa hal yang perlu dituliskan. Pembukaan, Sebutkan 
dimana mendapatkan informasi tentang lowongan kerja.Contohnya, bisa 
disebutkan bahwa lowongan kerja diketahui dari iklan di surat kabar, 
iklan di Internet, atau dari seorang teman. Pekerjaan sekarang, 
Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan saat ini. Selain 
itu juga perlu menceritakan secara singkat pencapaian utama dalam 
pekerjaan tersebut. Agar memberikan gambaran yang lebih baik, berikan 
informasi secara kuantitatif. Misalnya, "Saya membawahi lima orang 
junior manager". Yang perlu diperhatikan di sini, tuliskan hanya hal-hal
 yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Baca dengan baik 
persyaratan yang dibutuhkan dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut. 
Jika pekerjaan yang dilamar adalah di bidang marketing research, mungkin
 tidak perlu menceritakan pencapaian Anda di bidang logistik.
Dalam
 hal pendidikan: Jika latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, 
perlu dituliskan secara singkat pendidikan tertinggi. Jika pernah 
mendapatkan pendidikan di sekolah yang cukup dikenal, ada baiknya 
menuliskannya di surat lamaran. Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa 
pelamar mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. 
Ada baiknya jika dinyatakan kapan saat terbaik bisa dihubungi untuk 
proses selanjutnya. Dan jangan lupa ucapkan "Terima kasih".
5. Proof Read
  Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan dan memastikan 
semuanya sudah benar. Pastikan tidak ada kesalahan pengejaan, tidak ada 
kata-kata yang diulang atau repetitif, dan tata bahasa (grammar) yang 
digunakan sesuai. Dalam program MS Word Anda bisa menggunakan spell dan 
grammar checker. Perlu untuk diingat, Suatu kesalahan dalam ejaan saja 
bisa menyebabkan kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh 
pekerjaan.
(Job career Vacancy opportunity ; www.google.com).
B. Menulis Surat Lamaran Lewat Email 
Makin
 banyak perusahaan yang memperbolehkan para calon karyawan untuk 
mengirimkan lamarannya lewat email. Hal ini tentunya menguntungkan baik 
bagi perusahaan maupun pelamar. Bagi perusahaan, ini akan mengurangi 
jumlah surat lamaran dalam bentuk kertas yang harus mereka terima dan 
arsipkan. Selain itu, lebih mudah bagi perusahaan untuk mem-forward 
surat lamaran berbentuk email ke para usernya. Bagi calon karyawan, ini 
akan menolong mereka untuk mengirimkan lamaran secara cepat. Jika Anda 
mengirimkan lamaran ke banyak perusahaan, dengan mudah Anda dapat 
mengkopi email lamaran Anda sebelumnya dan menyesuaikannya.
1. Judul Email
 Judul email haruslah menolong penerimanya untuk segera mengetahui 
maksud dari email lamaran pekerjaan. Karena itu tuliskan judul yang 
jelas tetapi singkat. Sebagai contoh, dapat ditulis sebagai berikut 
"Lamaran untuk Posisi Manajer Pemasaran". 
Sebagai catatan, baca 
dengan baik iklan lowongan kerja tersebut. Sering kali  mereka meminta 
dituliskan kode tertentu di judul atau subject email Anda. Terutama  
jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyai beberapa lowongan 
pekerjaan. 
2. Tempat Surat Lamaran Ditulis
 Sering kali 
pelamar kerja bingung apakah perlu menuliskannya di badan email  atau di
 file tersendiri. Menurut salah seorang yang bekerja di bidang 
recruiting sebuah  perusahaan multinational, pelamar dapat menuliskan 
surat lamaran (cover letter) di  badan email. Artinya, perusahaan tetap 
akan menerima surat lamaran yang dikirim  dengan baik. 
3. Penulisan Resume 
 Lebih baik jika tidak menuliskan resume di badan email. Tuliskan dalam 
file  tersendiri dan jadikan sebagai lampiran email Anda. Sehingga email
 lamaran  pekerjaan tidak bercampur dengan file lain yang sifatnya 
lampiran. Hal ini untuk  menjaga kerapian dan ketertataan email lamaran 
pekerjaan yang dikirimkan.
4. Word, PDF, atau Text
 Biasanya 
perusahaan akan menuliskan pada iklan lowongan kerja jenis file  yang 
bisa Anda kirim. Walaupun umumnya meminta file MS Word, terkadang  
mereka mengijinkan untuk dikirimkan file berformat pdf. Jika tidak 
disebutkan,  kirimkan resume lamaran dalam file MS Word (.doc). File 
text (ekstension .txt) lebih  baik tidak digunakan karena pada saat 
dikirim dengan email, file tersebut terkadang  muncul di badan email. 
Ini terutama jika Anda menggunakan email gratis di Web,  seperti Yahoo!,
 Gmail, atau Hotmail. 
5. Ukuran Email 
 Usahakan ukuran email
 tidak melebihi 300 kb. Ukuran email ini terutama  dipengaruhi oleh 
ukuran file yang di-attach. Karena itu periksa besar file yang  
dilampirkan. Jika diminta menyertakan foto, jangan masukkan file foto 
yang terlalu  besar. Perkecil ukuranya dengan menggunakan berbagai jenis
 program photo editor.  Sehingga akan mengurangi ukuran file yang akan 
dikirimkan.
6. Email Signature 
 Email signature adalah text 
yang dituliskan secara otomatis oleh provider  email Anda. Signature ini
 bisa diprogram sendiri, atau bagian dari iklan untuk  penyedia jasa 
email  tersebut. Adanya signature ini mengurangi kesan profesional  pada
 lamaran. Email  web gratis seperti Yahoo! dan Hotmail menambahkan 
signature  ini secara otomatis pada semua email yang dikirim. Sedangkan 
Gmail tidak. 
7. Test Kirim 
 Untuk surat lamaran yang dikirim
 lewat email, selain melakukan proof read,  juga perlu melakukan test 
pengiriman. Lakukan ini dengan mengirimkan email  lamaran, lengkap 
dengan attachment-nya ke email lain. Tentunya jangan kirimkan  email 
percobaan tersebut ke email perusahaan yang dituju. Kirim ke alamat 
email lain  yang dimiliki oleh calon pelamar. Jika hanya mempunyai satu 
alamat email, bisa  dibuat alamat email baru di Yahoo!, Gmail, atau 
Hotmail. 
Home »
 » kiat kiat membuat surat lamaran pekerjaan
kiat kiat membuat surat lamaran pekerjaan
Penulis : modis on Senin, 21 Januari 2013 | 02.09
Related posts:
If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
  home
 Home
Posting Komentar